Tantri Agustiningsih

Tantri Agustiningsih, mengajar di SMP Negeri 239 Jakarta. Tepatnya di sebelah gedung LPMP Jakarta dan bersebelahan dengan Kampus Universitas Indraprasta. Lahir ...

Selengkapnya
Navigasi Web
KOLABORASI PJJ

KOLABORASI PJJ

Pembelajaran Jarak Jauh setelah beberapa hari ini, membuat para peserta didik mulai tampak letih dan lelah mungkin juga jenuh. Para gurupun juga merasakan apa yang dirasakan para peserta didiknya, karena mereka juga mempunyai anak yang secara otomatis selain mengajar jarak jauh juga hari mendampingi putra-putri dalam pembelajaran ini.

Dicarilah jalan bagaimana para peserta didik tersebut tidak merasa bosan dan letih dan terbebani tugas belajarnya. Ada yang memberikan tugas membuat puisi, membuat karangan tentang wabah COVID 19, ada pula yang bernyanyi melalui hp mereka, walaupun yang diambil tidak semua teks. Aneka jenis tugas dari setiap pelajaran dan aneka cara penyampaian pembelajaran. Ada yang melalui WAG, GC, GF, ZOOM dan sebagainya dalam waktu 2 minggu guru dan peserta didik bisa melaksanakan kegiatan daring secara otomatis, tanpa pelatihan. Begitu pula orangtua yang selama ini ada yang tidak tahu jenis-jenis kegiatan online tersebut, mendadak jadi bisa! Walaupun harus mengeluh pusing dan lainnya.

Tetapi semuanya ini adalah hikmah di dalam wabah ini, walau hati kecil ini merasa ngeri dengan peristiwa besar ini, tapi kita semua masih bersyukur ditengah-tengah kepanikan kita, kita dihadapkan satu ilmu yang selama ini tidak terbayangkan. Yang mungkin hanya anak-anak SMA dan Mahasiswa saja yang tahu pembalajran daring ini. dan untuk level SD dan SMP tidak seramai ini, ada beberapa sekolah tertentu yang sudah melaksanakan pembelajaran seperti ini.

Dan untuk menghilangkan kejenuhan dan kelelehan peserta didik, kami mengadakan kolaborasi antar mata pelajaran. Tujuannya dalah menghilangkan kebosanan peserta didik yang belajar sendiri tanpa interaksi langsung, Sekolah kamipun mengadakan kolaborasi antara mata pelajaran. Gambar-gambar ini mengambarkan tentang cara memberhentikan virus jahat tersebut yang dibuat dalam bahasa Inggris dan dari mata pelajaran IPS dilihat dari segi sosial dan teknologi yang harus dipilih salah satu dari 5 cara pencegahan virus tersebut, dengan cara membuat suatu tulisan tentang social distancing .

Dari segi bidang IPS mereka harus memberikan salah satu dari lima haltersebut dan pejelasan tersebut harus dituliskan di atas kertas dan menjelaskannya. Misalnya tentang social distancing itu apa? Melihat penyebaran virus corona yang begitu cepat,dan jumlah korban yang terus bertambah menjadikan sosial distancing sebagai salah satu tindakan pemerintah indonesia untuk meminimalisir penyebarannya. Sosial distancing adalah tindakan berupa menjauhi atau kontak langsung dengan individu lain untuk menghindari virus. Jadi,melakukan sosial distancing dianggap sebagai tindakan yang paling berpengaruh untuk mencegah terjadinya penularan virus corona.

Ternyata kolaborasi ini berdampak buat anak, anak jadi lebih ringan dalam mengerjakan satu tugas untuk 2 mata pelajaran, tigapun bisa dengan pelajaran Seni Budaya. Kami berusaha membuat bagaimana kegiatan ini bisa menyenagkan peserta didik dan mengembangkan kreatifitas mereka.

#SEMANGATTRUS PESERTA DIDIK KAMI

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Wah menarik sekali bu tan.....bisa nih kasih ke bu hanum

03 Apr
Balas

iya, yang ini memang mau saya kirim ke bu Hanum

03 Apr
Balas



search

New Post