Tantri Agustiningsih

Tantri Agustiningsih, mengajar di SMP Negeri 239 Jakarta. Tepatnya di sebelah gedung LPMP Jakarta dan bersebelahan dengan Kampus Universitas Indraprasta. Lahir ...

Selengkapnya
Navigasi Web

PULANG KAMPUNG (PENTIGRAF 19)

#TAGUR HARI KE 104

Hati ini berat sekali untuk meninggalkan kampung halaman. Tempat di mana Esman dilahirkan, dibesarkan oleh keluarganya. Esman belum pernah melangkah ke luar dari kampung halamannya. Kalaupun dia pergi hanya pergi ke kampung sebelah dengan melewati jembatan bambu di atas sungai yang dibangun oleh warga dari dua kampung tersebut. Sebenarnya ada dua jembatan penghubung, tapi jembatan itu jarang digunakan oleh warga karena sudah nampak rusak dan berbahaya. Esmanpun belum pernah ke sana.

Esman akhirnya memutuskan juga untuk pergi meninggalkan kampung halamannya dengan berat hati. Dia pergi membawa tas ransel yang berisi baju dan surat-surat berharga. Esman berjalan menuju kampung sebelah untuk menuju jalan ke luar kota. Dia berjalan kaki, memang tak ada kendaraan untuk menuju jalan utama. Perjalanan itu ditempuh hampir dua hari. Sambil berjalan Esman berpikir bekerja apa aku di rantau, tak ada yang ku kenal. Di sini aku bisa bertani dan membuat keranjang dari tali jerami.

Dua hari berlalu Esman sampai pada ujung kampung, dia bingung harus mengambil jalan kearah mana. Esman tak tahu, akhirnya di ambil jalan sebelah kiri dan terus berjalan hingga dia bertemu dengan jalan lain. Terus Esman telusuri jalan tersebut hingga pada satu tempat dia berlari dan berlari dengan kecang sambil berteriak,”Emak, Esman sudah datang, Mak”. Emak hanya berdiri terpaku melihat Esman.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Kereeen bingiitttt

26 Jun
Balas

Keren bun.. Salam literasi

24 Jun
Balas

Terima kasih, salam literasi

25 Jun

Keren bun

24 Jun
Balas

Mantap bucan.... salam literasi

26 Jun
Balas

Kereen si Esman ambil keputusan untuk menjaga emaknya

25 Jun
Balas

Keren Bu....

24 Jun
Balas

Salam literasi, sukses selalu.

25 Jun
Balas

Keren Bu Esman..

24 Jun
Balas

Terima kasih Pak Redi

25 Jun

Emak senang Esman ndak jadi merantau...Sukses bu

24 Jun
Balas

Terima kasih, bu Erida. Salam literasi

25 Jun

Emak senang Esman ndak jadi merantau...Sukses bu

24 Jun
Balas

Esmannya lebih suka di kampung. Terima kasih.

25 Jun

Orang Minang Bun ya...

24 Jun
Balas

Adik ipar yang orang Padang, Bukit Tinggi, Padang Panjang.

25 Jun

Orang Minang Bun ya...

24 Jun
Balas

Banyak gaul dengan orang Minang, jadi tertular logat Minang. Salam Literasi

25 Jun



search

New Post